Desa Sandik Kembali Meraih Juara Mewakili Kecamatan Batulayar dalam Lomba Perpustakaan Desa Se-Lombok Barat

  • Jul 12, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Barat kembali mengadakan Lomba Perpustakaan Desa. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan peran perpustakaan desa dalam muwujudkan budaya membaca dimasyarakat dan meningkatkan mutu serta kualitas perpustakaan desa yang lebih layak.

Lomba perpustakaan ini dimulai sejak bulan Juni dan diikuti oleh beberapa desa yang ada di Kab. Lombok Barat yaitu desa-desa yang memang sudah memiliki perpustakaan di desa. Team verifikasi/penilai turun secara langsung ke masing-masing desa untuk melakukan visitasi serta penilaian.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi dan kelengkapan serta kelayakan perpustakaan yang dilaksnakan pada 6 Juni di Desa Sandik. Pada penilaiaan ini team penilai memeriksa dokumen administrasi serta perofil perpustakaan. Selengkapnya Perofil Perpustakaan Desa Sandik

Hingga pada bulan Juli tepatnya pada Selasa, 11 Juli 2023 setelah melakukan penilaiaan berdasarkan pedoman dan keriteria yang ditetapkan tim juri memutuskan hasil kejuaraan di Aula Perpustakaan Daerah Kab. Lombok Barat yang dimana Perpustakaan Desa Sandik memperoleh juara II dalam Lomba Perpustakaan Desa di tahun ini. Pengambilan hadiah dan piagam diterima secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Desa Sandik Muhammad Muaidi, S.Pd

Dalam hal ini Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman juga menyampaikan bahwa akan terus meningkatkan kualitas Perpustakaan Desa Sandik bukan semata-mata untuk memperoleh juara dalam setiap lomba yang diadakan namun karena sudah sepatutnya perpustakaan Desa harus terus digalakan dan dilestarikan agar budaya membaca masyarakat desa terus meningkat, karena dengan memperbanyak membaca akan memeberikan peluang yang lebih besar dalam meningkatnya SDM Desa Sandik, tandasnya.