POTENSI DESA LITERASI: Perpustakaan Desa Sandik

  • Jun 16, 2023

PROFIL PERPUSTAKAAN DESA SANDIK

 

  1. Latar Belakang

Perpustakaan dewasa ini sudah menjadi tempat yang asing bagi sebagian orang, semua itu tidak terlepas dari dampak perkembangan teknologi yang semakin canggih hingga merubah pola kehidupan masyarakat di era moderen ini. Dimana hampir semua aktivitas manusia tidak terlepas dari system digital, begitupun dalam mengakses informasi.

Perpustakaan dulunya berperan penting dalam ilmu pengetahuan yang saat ini terus berkembang mengikuti arus perkembnagan zaman yang dimana perpustakan menjadi tempat yang sangat sakral karena menjadi salah satu tempat berpusatnya informasi, selain itu perpustakaan juga digunakan sebagai sarana penelitian, rekreasi hingga pelestarian dari khazanah kebudayaan dan bangsa. Mengingat begitu penting dan berharganya sebuah perpustakaan maka sudah seyogyanya kita untuk terus menjaga dan melestarikan keberadaannya sehingga perpustakaan terus memiliki nilai penting di tengah-tengah masyarakat, untuk itu perlu sekiranya kita membentuk atau membuat sebuah perpustakan baik besar maupun kecil dari kabupaten/kota hingga kepelosok-plosok desa.

Perpustakan desa adalah perpustakaan yang diperuntukan untuk masyarakat desa sebagi salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat desa yang merupakan bagian dari kegiatan pembangunan desa yang bertujuan untuk memberikan fasilitas membaca dan belajar yang memadai yang sesuai dengan kondisi dan situasi kebutuhan masyarakat desa.

Perpustakaan Desa Sandik adalah perpustakaan umum yang berada di Kantor Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kab. Lombok Barat yang merupakan subsistem dalam system perpustakaan nasional dan merupakan tingkatan terendah dari struktur system perpustakaan umum diperintahan Kabupaten Lombok Barat. Keberadaan Perpustakaan Desa Sandik berperan penting dalam membangun masyarakat desa karena perpustakaan desa adalah salah satu potensi desa yang menunjang kesejahtraan masyarakat. Untuk menilai kesejahtraan masyarakat tidak bisa hanya dinilai dari kemajuan pembangunan fisik dan perekonomian masyarakat namun kita juga perlu meningkatkan kecerdasan masyarakat yang merupakan amanah Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan meningkatkan kecerdasan masyarakat juga merupakan tonggak kemajuan pembangunan SDM Desa Sandik.

 

  1. Sejarah Singkat Perpustakaan Desa Sandik

Perpustakaan desa sandik adalah perpustakaan desa yang ada di desa sandik dan bersebelahan dengan kantor desa sandik Kec. Batulayar Kab. Lombok Barat Perovinsi Nusa Tenggara Barat dan masih dalam subsistem perpustakaan daerah Lombok Barat. Perpustakaan ini diperuntukan kepada seluruh masyarakat desa sandik yang dimana jumlah masyarakat desa sandik untuk saat sekarang ini mencapai 17.000 jiwa.

Perpustakaan Desa Sandik mulai berdiri pada tahun 2009 pada masa pememrintahan H. Faozi dan diawal pendirinyaan memperoleh 1.000 ekstemplar buku dari Perpustakaan Daerah. Dikarenakan belum memiliki ruangan tersendiri maka perpustakaan masih bergabung dengan ruang Kantor Desa Sandik.

Pada tahun 2016 masa pemerintahan H. Abdul Rahman Perpustakaan Desa Sandik mulai memiliki ruangan tersendiri yang berlokasi di sebelah kiri Kantor Desa Sandik dan masih dalam satu atap gedung dengan gedung kantor desa dan pada tahun ini pula diterbitkan SK oleh Kepala Desa Sandik dengn SK No. 69 Tahun 2016 Tentang Pendirian Perpustakaan Desa Sandik Kec. Batulayar Kab. Lombok Barat dan mulai efektif pada tahun 2017 dengan pelayanan 2 orang.

Seiring dengan pergantian tahun Perpustakaan Desa Sandik terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan bertambhnya jumlah koleksi buku dari beberapa donatur hingga saat ini jumlah koleksi lebih dari 2.000 ekstemplar dan pelayanan terdiri dari 4 orang dan untuk memperluas jangkauan Perpustakaan Desa Sandik juga membentuk lembaga-lembaga literasi yang mengcaounter kegiatan perpustakan di luar aktivitas pemerintahan kantor Desa Sandik karena jam pelayanan Perpustakaan Desa Sandik sama dengan pelayanan Kantor Desa yaitu pukul 08:00 sampai pukul 16:00 WITa.

Perpustakaan Desa Sandik mulai mengikuti lomba perpustakaan desa pada tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Lombok barat dan memperoleh juara II dan kembali mengikuti lomba pada tahun 2020 dan memperoleh juara harapan II dan mewakili Kab. Lombok Barat di tingkat Perovinsi kembali memperoleh juara harapan III. Dan pada tahun 2020 juga mengikuti lomba perpustakaan desa yang diselengagarakan oleh Pemerintah Kab. Lombok Barat yang bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun kab. Lombok Barat ke-62 dan hari buku tahun 2020 dan pada saat itu memperoleh juara 1. Untuk akreditasi perpustakaan masih memiliki akreditasi C yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI dengan No: 00103/LAP.PU/III.2020.

 

  1. Tujuan dan Fungsi Perpustakaan Desa Sandik
  1. Untuk menunjang program wajib belajar yang dicanangkan oleh pemerintah.
  2. Untuk menunjang program kegiatan pendidikan seumur hidup bagi masyarakat Desa Sandik
  3. Sebagai sarana yang menyediakan buku-buku pengetahuan maupun keterampilan untuk mendukung keberhasilan kegiatan masyarakat Desa Sandik diberbagai bidang misalnya: pertanian yang produktif, perikanan, peternakan, perindustrian, pengolahan, pemasaran, dan lain sebagainya
  4. Untuk menggalakkan minat baca masyarakat Desa Sandik dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca agar tercipta masyarakat yang kreatif, dinamis, produktif, dan juga mandiri
  5. Memberikan semangat dan juga hiburan yang sehat bagi masyarakat Desa Sandik dalam memanfaatkan waktu senggang dengan hal-hal yang bersifat membangun dan lebih positif
  6. Mendidik masyarakat Desa Sandik agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil.
  7. Untuk mendekatkan buku dan bahan pustaka lainnya dengan masyarakat Desa Sandik.

 

  1. Visi dan Misi Perpustakaan Desa Sandik

Visi

Menjadikan Perpustakaan Desa Sandik sebagai pusat informasi dan pengetahuan agar terwujudnya masyarakat Desa Sandik yang cerdas dan peroduktif dengan memanfaatkan sumber informasi yang ada.

Misi

  1. Menggalakan budaya gemar membaca dan menulis dari sejak dini
  2. Meningkatkan minat baca masyarakat Desa Sandik
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Sandik akan pentingnya sebuah informasi dan pengetahuan melalui perpustakaan

 

  1. Layanan Perpustakaan Desa Sandik

Layanan perpustakaan desa sandik berbasis inklusi sosial yang dimana menyediakan layanan untuk setiap orang tanpa memandang orang berdasarkan setatus sosial dan ekonominya sehingga tidak diskriminatif dalam memberikan layanan yang terbaik di perpustakaan.

Layanan yang disediakan oleh perpustakaan desa sandik diantaranya:

  1. Layanan sirkulasi

Pelayanan sirkulasi ini merupakan layanan yang diamana setiap orang berhak dalam melakukan peminjaman dan pengembalin buku dalam waktu yang sudah di tentukn oleh perpustakaan desa sandik.

  1. Layanan refrensi

Layanan Ini berupa pemberian bantuan kepada pengunjung untuk menemukan informasi berdasarkan koleksi refrensi yang ada dan memberikan bimbingan untuk menemukan dan menggunakan refrensi tersebut.

  1. Layanan ruang baca

Ruang baca ini merupakan tempat yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membaca dan aktivitas lainnya yang terkait dengan kegiatan perpustakaan dan yang dimana ruang baca ini masih menjadi satu dengan rak buku atau refrensi yang dikoleksi

  1. Layanan penggunan komputer

Layanan ini dapat diakses oleh setiap orang yang ingin menggunakan komputer yang ada untuk keperluan yang berkaitan denagn kegiatan perpustakaan dengan batasan waktu yang sudah ditentukan

  1. Koleksi Perpustakaan Desa Sandik

Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan desa sandik terdiri dari buku-buku teks yang dapat berupa majalah, ensiklopedia dan buku-buku lainnya yang bermanfaat.

Koleksi yang dimiliki perpustakaan desa sandik diklasifikasikan berdasarkan aturan pengkalsifikasian Dewey Decimal Classification (DDC) yaitu sebagai berikut:

 

Golongan

Uraian

000

Karya Umum

100

Ilmu Filsafat dan Psikologi

200

Agama

300

Ilmu-ilmu Sosial

400

Bahasa

500

Ilmu-ilmu Murni dan Matematika

600

Ilmu-ilmu Terapan dan Teknologi

700

Kesenian, Hiburan dan Olahraga

800

Kesusastraan

900

Geografi dan Sejarah

 

 

  1. Program Kerja Perpustakaan Desa Sandik

Perpustakaan Desa Sandik memiliki beberapa perogram kerja yang diluar pelayanan perpustakaan, diantaranya yaitu:

  1. Pelatihan menulis

Diera digital ini kemampuan menulis kaum melenial harus ditingkatkan dan diarahkan ke hal-hal yang lebih positif sehingga pelatihan kepenulisan ini sangat penting untuk dilakukan. Pelatihan ini lebih menyasar para generasi melenial dan beberpa pelatihan tersebut ialah pelatihan menulis berita, membuat cerpen, nopel dan lain sebagainya.

  1. Pelatihan komputer

Pelatihan ini diperuntukan kepada masyarakat desa sandik khususnya yang masih muda dan remaja yang belum memiliki dan ingin meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi (komputer). Pelatihan ini menggunakan pasilitas komputer yang ada diperpustakaan.

  1. NOBAR (Nonton Bareng)

Nontong bareng ini diselenggarakan pada hari-hari besar dan filem yang disuguhkan adalah filem-filem yang memilik nilai-nilai edukatif dan pesan moral yang tinggi.

  1. Membentuk lembaga penggerak literasi

Perpustakaan desa sandik juga membentuk lembaga-lembaga penggerak literasi agar lebih mengcounter kegiatan dan aktivitas diluar pelayanan perpustakaan. Dalam hal ini baru terbentuk satu lembaga yang disebut sebagai Kampung Baca Desa Sandik yang belokasi di Taman Kota Sandik dan masih memiliki rencana untuk membentuk Bale Buku dimasing-masing dusun.

 

  1. Kegiatan/Pelatihan yang Pernah Diikuti
  1. Pelatihan Penamabahan Kapasitas oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Barat
  2. Pelatihan Kepustakaan oleh Perpustakaan Daerah Perovinsi Nusa Tenggara Barat
  3. Pelatihan Penambahan Kapasitas (Workshop) oleh Cacacola Foundation mengenai:
  1. Penguatan strategi pengelolaan perpustakaan di Mataram tahun 2017
  2. Setrategi Inovasi layananan perpustakaan untuk peningkatan kesehatan masyarakat, Bekasi 05 Juli 2018
  3. Pelatihan penguatan strategi pengembangan perpustakaan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, Surabaya 23 Mei 2018
  1. Kerjasa kegiatan dengan Cacacola Foundation dan kunang-kunang Perogram Perpusru mengenai perangkat teknologi dan informasi
  2. Perogram kerjasa dengan Jasindo mengenai penerimaan bantuan 2 countener perpustakaan yang sekarang ditempatkan di Taman Kota Sandik sebagai pusat pengelolaan Kampung Baca Desa Sandik
  3. Ikut andil dalam perogram Perpusru Sukses Story yang diselenggarakan oleh Cacacola Foundation, Jogja September 2018

 

  1. Dasar Hukum Pembentukan Perpustakaan Desa Sandik
  1. Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional
  2. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 1 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional
  3. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Desa/Kelurahan meliputi standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggaraan, dan pengelolaan perpustakaan.
  4. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
  6. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Kewenangan Desa