Karnaval Pawai Alegoris HUT RI Ke-79 Kecamatan Batulayar, Usung Tema Nyongkolan Sebagai Khazanah Budaya Lokal

  • Aug 19, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Umum

Batulayar- Masyarakat Batulayar Kabupaten Lombok Barat berbondong-bondong memadati jalanan untuk menyaksikan Pawae Alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79, Pawae tersebut berlangsung di Jln. Raya senggigi Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat pada Sabtu 17 Agustus 2024

Masa bergerak dari arah selatan tepatnya di lapangan depan gandrung menuju arah utara halaman Kantor Camat Batulayar. Pawae Alegoris ini bertujuan untuk memeriahkan HUT RI Ke-79 dan mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan rakyat Indonesia yang kita nikmati hingga saat ini.

Muh. Subayin Camat Batulayar menyebutkan, pawae Alegoris HUT RI yang ke-79 ini diselenggarakan untuk mengingat jasa para pejuang kemerdekaan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia dari para penjajah dan betapa pentingnya makna hari kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Pawae Alegoris HUT RI tahun ini bertemakan nyongkolan dengan tujuan mengangkat dan melestarikan budaya lokal nyongkolan sebagai syiar perkawinan di lombok yang kian tergerus oleh moderenisasi.

Kontingen berasal dari berbagai instansi pemerintah, lembaga, organisasi di Kecamatan Batulayar 

Masyarakat Kecamatan Batulayar sangat luar biasa. Semangat yang luar biasa. Kebersamaan serta kegembiraan dan sukacita dalam merayakan HUT RI ke-79 ini," imbuhnya.

Disampaikan Camat Batulayar bahwa, pelaksanaan pawai karnaval ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-79 tahun 2024.

"Atas nama Kecamatan Batulayar, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta karnaval yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan pawai karnaval yang kita laksanakan pada hari ini," pangkasnya.