Tim Desa Siaga TB Desa Sandik Terus Pro Aktif Melakukan Skrining, Investigasi Kontak dan Sosialisasi Door to Door dalam Melakukan Pencegahan dan Penanganan Kasus TBC

  • Jul 27, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik – Penyakit TBC terus menjadi momok di tengah masyarakat, sepanjang tahun 2010 sampai saat ini terus menjadi pandemi. Beberapa NGO dan tenaga kesehatan terus memeras otak untuk menemukan ide dan pendekatan-pendekatan program yang tepat guna dalam mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh TBC ini.

Tidak hanya tenaga kesehatan namun semua elemen pemerintah dan masyarakat harus ikut terlibat secara langsung dan mendukung penuh setiap perogram yang terkait dengan penuntasan TBC hingga menjadi endemi.

Dalam hal ini masyarakat Desa Sandik bersyukur dengan adanya Kelompok Desa Siaga TBC yang telah dibentuk oleh Pemerintah Desa Sandik terus bergerak masip di masyarakat dalam menuntaskan masalah-masalah yang diakibatkan oleh TBC dan mencegah penularannya.

Selasa (25/07/2023) Pengurus Desa Siaga TB melakukan skrining, Investigasi Kontak dan sosialisasi door to door di BTN Sandik Permai dengan membawa pot seputung yang akan digunakan untuk menampung dahak bagi masyarakat yang bergejala, tidak hanya itu tim Desa Siaga TB juga membawa tensimeter untuk mengecek kesehatan masyarakat lebih lanjut.

Sejak dibentuknya Desa Siaga TB Desa Sandik yang terus pro aktif dalam melakukan sosialisasi, skrining dan investigasi kontak di masyarakat, penemuan kasus TBC di Desa Sandik terus meningkat, ditemukan lebih dari 10 orang positif TB di Desa Sandik sepanjang tahun 2023.

Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman juga terus Apresiasi kinerja dari tim Desa Siaga TBC, beliau juga menandaskan bahwa dengan adanya Desa Siaga TBC ini akan menjadi jawaban terbaik dalam menuntaskan kasus TBC di Desa Sandik. Mengingat kasus TBC tidak hanya di Desa Sandik namun tersebar diseluruh masyarakat pedesaan maupun kota sehingga perlu bagi setiap Kepala Desa di masing-masing Desa membentuk kelompok-kelompok yang selaras dengan hal ini dalam menuntaskan TBC di Desa masig-masing. Mengingat TBC merupakan penyakit menular jadi pencegahan dan penuntasan TBC tidak boleh hanya di Desa Sandik saja namun harus secara menyeluruh disemua daerah.