Peringatan 1 MUharram: Karang Taruna Desa Sandik Gelar TABLIGH AKBAR dengan Menghadirkan Habib Hasan Bin Zein Alydrus Sebagai Penceramah Tunggal

  • Jul 20, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- 1 Muharram atau yang identik dengan Tahun Baru Islam merupakan peringatan penting bagi Umat Muslim diseluruh dunia untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H ini Karang Taruna Desa Sandik Maju Berkarya menggelar Tabligh Akbar dengan mengusung tema Memaknai Hidup dan Semangat Hijrah dalam Momentum 1 Muharram di halaman SDN 1 Sandik pada hari Rabu 19 Juli 2023.

Dalam Tabligh Akbar ini Karang Taruna Maju Berkarya bersama Pemerintah Desa Sandik menghadirkan langsung Habib Hasan Bin Zein Alydrus untuk mengisi acara dan menyampaikan ceramah mengenai esensi peringatan 1 Muharram yang berkaitan dengan Hijrahnya Baginda Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dalam ceramahnya Habib Hasan Bin Zein Alydrus menghimbau agar jamah jangan lupa untuk terus bersholawat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW dan dalam hal ini Beliau Juga mengijazahkan dua hal kepada jamah yaitu:

  1. Istigfar yang mempermudah terkabulnya Doa yang berbunyi Astagfirullaaha Lil Mu’miniina Wal Muminaat yang dibaca sebanyak 27 kali setiap hari dan
  2. Sholawat yang dimana ketika diamalkan akan bertemu secara langsung dengan Baginda Nabi Muhammad SAW dalam mimpi, yang dimana Sholawatnya berbunyi Allaahumma sholli alaa ruuhi sayyidina Muhammadin fil arwaahi wa alaa jasadihi fil ajsadi wa alaa qobrihi fil qubur dan sholawat ini dibaca sebelum tidur pada malam hari.

Dilihat dari banyaknya jamaah yang hadir, kurang lebih ratusan jamaah yang memenuhi halaman SDN 1 Sandik dapat dikatakan antusias masyarakat dalam hal ini sangat tinggi karena Informasi Tabligh Akbar ini sudah disebarkan 1 minggu sebelumnya melalui pamplet-pamlet dan media sosial lainnya sihingga dapat menyita perhatian masyarakat dari dua kecamatan di Lombok Barat ini yaitu kec. Batu Layar dan Gunung Sari.

Dalam hal ini turut juga hadir Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman beserta perangkat desa lainnya, Bupati Lombok Barat H. Pauzan Kholid, Ketua BPD Desa Sandik, seluruh Kepala Kewilayahan (Kadus) se Desa Sandik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Babinsha, Babinkamtibmas yang turut mengawal kertiban dan berlangsungnya kegiatan.

Sebagai pengantar sebelum berlangsungnya kegiatan dalam hal ini Bupati Lombok barat juga menyampaikan sekelumit mengenai bagaimana memaknai bulan Muharram ini yang dimana bulan Muharram disebut sebagai bulan Harram bukan berarti haram sebagaimana pandangan fiqih akan tetapi disebut sebagai Muharram karena bulan ini merupakan bulan Suci yang dimana ummat muslim untuk menjaga diri perbuatan dosa dan beliau juga menyampaikan sejarah singkat mengenai penanggalan bulan hijriah yang dimulai dari Khalifah II Umar Bin Khattab.

Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman setelah dikomfirmasi oleh tim Media Desa Sandik Pada Kamis, 20 Juli 2023 di Kantor Desa Sandik beliau menyampaikan terimakasih kepada Pengurus Karang Taruna Desa Sandik dalam mensukseskan Tabligh Akbar ini yang dimana kegiatan-kegaiatan yang semacam ini harus terus digalakan karena selaras dengan tagline Desa Sandik yaitu Sandik Mengaji sebagai bentuk upaya Pemerintah Desa Sandik dalam mengakumulasikan energi-energi positif di Desa Sandik agar terciptanya masyarakat yang religius dan meningkatkan keharmonisan dalam lingkungan bermasyarakat di Desa Sandik.

Riadul Anshori Ketua Karang Taruna Maju Berkarya Desa Sandik juga menyampaikan terimaksih sebesar-besarnya kepada rekan-rekan pengurus Karang Taruna, KKP UIN Matram dan seluruh panita yang telah membantu dalam penyelenggaraan kegiatan Tabligh Akbar ini, Kita sebagai Pemuda Desa Sandik memang seharusnya untuk menjadi garda terdepan dalam membangun sosial kemasyarakatan yang lebih baik dengan sefirit kepemudaan yang kita miliki harus digunakan untuk menjaga dan membanguan atmosfer Desa Sandik yang lebih positif, tandasnya.