Penerimaan Mahasiwa Universitas Mataram dalam Program Bina Desa di Desa Sandik untuk Menangani Persoalan Sampah

  • Sep 14, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Penerimaan mahasiswa Program Bina Desa dari Universitas Mataram di Kantor Desa Sandik Kec. Batulayar Kab. Lombok Barat yang di terima langsung oleh Kepala Desa Sandik pada Kamis, 14 September 2023 pukul 09:00 WITa. Program Bina Desa ini merupakan bentuk sebuah komitmen kerjasama berkelanjutan Pemerintah Desa sandik dengan pihak Universitas Mataram dalam menangani persoalan sampah di Desa.

Bina desa ini merupakan program pengganti dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas mataram yang akan berlangsung selama 4 bulan. Program Bina Desa ini juga merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat  yang melibatkan mahasiswa yang sekaligus sebagai bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa ditengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah yang ada di desa.

Program Bina Desa Universitas Mataram di Desa Sandik ini akan berfokus pada penyelesaian persoalan sampah yang ada di desa yang akan melibatkan masyarakat secara langsung dan bekerja sama dengan lembaga desa yakni Bank Sampah Akar Wangi Desa Sandik.

Meski demikian, Hakiki Ketua Program Bina Desa Mahasiwa Universitas Mataram mengatakan bahwa selain kami fokus pada program utama untuk mengatasi persoalan sampah di desa, kami juga akan menyiapkan program lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah desa selama 4 bulan untuk melengkapi program utama sebagai program sampingan tandasnya.

Mahasiwa Universatas Mataram yang menjalankan Program Bina Desa ini berjumlah 10 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri dengan 3 orang pendamping dari mahasiwa Universitas Mataram yang lebih senior dan dalam hal ini 10 mahasiswa tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Desa di Kantor Desa Sandik.

Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman menyambut baik kehadiran 10 Mahasiwa Universitas Mataram yang akan menjalankan program Bina Desa tersebut, disini ia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Universitas Mataram yang telah memilih Desa Sandik sebagai mitra dalam program Bina Desa ini dan untuk rekan-rekan mahasiswa 4 bulan memang waktu yang singkat untuk beraktivitas seperti biasa di kampus atau di rumah masing-masing namun 4 bulan adalah waktu yang panjang untuk dijalani dalam program ini jadi tetap bangun komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat agar tercapainya tujan program yang lebih maksimal, pesannya.

Kepala Desa Sandik menempatkan 10 Mahasiswa tersebut di Dusun Perempung Baru dengan menggunakan Balai Posyandu sebagai poskonya sehingga tidak perlu menyewa tempat tinggal dan dekat dengan Beskem Bank Sampah Akar Wangi di Dusun Dawung karena diharapkan dapat membangun komunikasi yang lebih inten untuk kerjasa kedepannya.