Cegah Meluasnya Penyakit DBD, Pemerintah Desa Sandik Lakukan Foging di Dusun Puncang Lendang

  • Apr 30, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Sebagai upaya mencegah dan menangulangi  terjadinya penyebaran wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) di masyarakat, Pemerintah Desa Sandik berkerjasama dengan Puskesmas Meninting untuk melaksanakan  kegiatan Fogging di Rumah Masyarakat Dusun Puncang Lendang Desa Sandik Kec. Batulayar pada Selasa, (30/04/2024)

Kegiatan Fogging yang dilaksanakan di Dusun Puncang Lendang teresebut di ikuti oleh tenaga kesehatan Puskesmas Meninting,  Kepala Desa Sandik dan Kepala Kewilayah Puncang Lendang

Berdasarkan informasi yang di sampaikan oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman menyampaikan bahwa kegitan fogging dilakukan sebagai upaya mencegah dan menanggulani penyebaran wabah DBD karena setelah mendapatkan laporan dari kepala kewilayahan Puncang Lendang bahwa adanya pasien DBD di wilayah tersebut Kepala Desa Sandik dengan segera melakukan koordinasi dengan pihak Puskesmas Meninting.

Lebih lanjut H. Abdul Rahman menyampaikan bahwa kegiatan fooging yang dilakukan hari ini akan dilaksanakan di semua rumah dan lingkungan masyarakat yang ada di  Dusun Puncang Lendang dan berharap masyarakat juga menerapkan Program 3M, menutup, mengubur dan membakar karean foging memang bukan solusi terbaik dalam menyelesaikan DBD dan hanya bersifat sementara, tandasnya

Kepala Kewilayahan/ Dusun Puncang Lendang, Jaelani menyampaikan bahwa terdapat 4 orang warga sudah terdampak oleh DBD dan saat ini sedang menjalani pengobatan, dan kami juga bersukur Pemerintah Desa Sandik bergerak cepat dalam mengambil sikap untuk melakukan foging.

Pencegahan DBD juga membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus yaitu menutup wadah penampungan air, mengubur atau  membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan menguras atau mengganti air di penampungan air. hal lain yang juga bisa mencegah terjadinya DBD yaitu dengan menghindari gigitan nyamuk yaitu menggunakan kelambu saat tidur dan menggunakan  obat nyamuk dan masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan.