Meningkatnya Kasus Kekerasan Seksual Pada Perempuan dan Anak, POSBAKUMADIN dan UIN Mataram Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Ibu-Ibu Rumah Tangga

  • Jul 12, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Sebagai salah satu upaya dalam menekan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak yang kian meningkat. POSBAKUMADIN Mataram dan UIN Mataram bekerjasama dalam memberikan penyuluhan/sosialisasi terkait dampak sosial bagi pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh POSBAKUMADIN dan UIN Mataram yang bertujuan untuk  memberikan pemahaman kepada masyarakat dan sebagai sarana edukasi dalam pencegahan adanya tindak kekerasan, terutama kekerasan secara verbal maupun fisik dalam lingkup rumah tangga.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Desa Sandik dengan menyasar Ibu-ibu rumah tangga pada Jumat, 12 Juni 2024 dengan dihadiri oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman, sekdes Desa Sandik M. Muaidi, Abdul Hanan dan pengurus lainnya dari POSBAKUMADIN Matram, Dr. Dahlia hidayati, M. Fil.I selaku narasumber dari UIN Mataram serta 40 peserta dari Ibu-ibu rumah tangga dan Babinsa yang turut mengawal kegiatan tersebut.

Pencegahan kekerasan seksual merupakan tindakan preventif yang dapat mencegah terjadinya kekerasan dan perilaku menyimpang antar individu dan setiap orang baik negara, lembaga ataupun masyarakat bertanggung jawab dalam melakukana pencegahan kekerasan seksual baik di lingkungan keluarga ataupun di luar lingkungan keluarga demi terbentuknya tatanan kehidupan sosial yang harmonis.

Dr. Dahlia Hidayati, M.Fil.I dalam penyampaiannya