Kodim 1606 Mataram Bersama Masyarakat Desa Sandik dan Pelajar Lakukan Penghijauan di Bukit Sandik Sebagai Upaya Merawat dan Pulihkan Alam

  • Jul 25, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Lingkungan

Sandik- Kodim 1606 Kota Mataram Bersama masyarakat Desa Sandik dan pelajar lakukan penanaman 1.000 pohon untuk gerakan penghijauan sebagai bentuk pembinaan lingkungan hidup dari TNI AD. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bukit Bawah Langit Sandik Desa Sandik pada Kamis 25 Juli 2024.

Penghijauan dilaksanakan pada area bukit seluas 5 hektar dengan dihadiri oleh Komandan Kodim 1606 Kol. Arm Muh. Saifudin khoiruzzamani S.Sos M.Han, Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman serta Kepala Dusun Se Desa Sandik, Sekcam Batulayar M. Sajidin, Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat, Polsek Batulayar dan Gunung sari dan seluruh anggota kodim 1606, Senkom Mitra Polri dan LDII Batulayar, hadir juga sebanyak 43 pelajar dari MA Al- Aziziah sebanyak 15 siswa dan SMAN 1 Gunung Sari sebanyak 28 siswa.

Untuk memantik semangat seluruh anggota dan masyarakat yang ikut secara langsung dalam kegiatan tersebut Kodim 1606 gelar Apel Pengecekan Kesiapan pada pukul 08:00 sebelum kegiatan penananaman pohon dilaksanakan.

Komandan Kodim 1606 Mataram Kol. Arm Muh. Saifudin khoiruzzamani S.Sos selaku pembina upacara menerangkan bahwa kegiatan penghijauan tersebut merupakan kegiatan unggulan dari TNI AD sebagai bentuk cinta tanah air dan lingkungan dengan gerakan bersatu dengan alam untuk indonesia maju, Ia juga mehimbau agar masyarakat tetap peduli kepada alam sekitar dengan menanam pohon baik di pekarangan, kebun ataupun hutan sebagai salah satu cara untuk membantu alam pulih kembali agar kita terhindar dari bencana alam, terangnya.

Sekcam Batulayar M. Sajidin juga berpesan agar apa yang dilakukan hari ini dapat di pertahankan dan dijaga dengan baik, kegiatan seperti ini juga harus di lakukan oleh semua pihak baik pemerintah dan masyarakat siapapun itu agar terbentuknya lingkungan yang baik dan asri jauh dari polusi ujarnya.

Jenis bibit pohon yang ditanam adalah bibit-bibit pohon yang keras yang berusia panjang agar dapat bertahan dan mempertahankan kesetabilan tanah sehingga tanah tidak mudah terkena longsor ketika musim hujan datang.

Atas nama Pemerintah Desa H. Abdul Rahman mewakili seluruh msyarakat Desa Sandik mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini khususnya kepada Kodim 1606 Mataram dengan seluruh anggotanya telah bersinergi untuk melakukan penghijauan di bukit sandik, hal ini sangat membantu masyarakat terutama dalam pencegahan kemungkinan adanya longsor. Kami juga berharap semoga kegiatan penghijauan hari ini merupakan awal dari budaya baik yang akan berakar kuat di tengah masyarakat untuk menjaga alam, paparnya.

Dengan penuh semangat para pelajar juga turut aktif dengan masing-masing orang menanam10 bibit pohon, bibit pohon di tanam pada lubang yang sudah disiapkan sebelumnya oleh anggota Kodim 1606 agar lebih tertata dengan rapi dan penghijauan juga berjalan dengan lancar dan efisien.