BPJS Ketanakerjaan Berikan Penyuluhan Pentingnya Perlindungan dan Jaminan Sosial Bagi Masyarakat Desa Sandik

  • Jul 04, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas perlindungan pekerja, mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Desa Sandik dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat seputar hak dan kewajiban mereka dalam dunia kerja dan keuntungan yang diperoleh dari BPJS Ketanakerjaan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Sandik pada Kamis, 04 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh masyarakat Desa Sandik dari berbagai kelompok usia dan latar belakang ekonomi, mereka berkumpul di aula kantor desa untuk mendengarkan informasi yang disampaikan oleh perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan

Diawal kegiatan, H. Abdul Rahman kepala Desa Sandik, memberikan sambutan hangat kepada seluruh audiens dan berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia juga mengungkapkan apresiasi terhadap BPJS Ketenagakerjaan yang telah berkomitmen untuk memberikan perlindungan sosial kepada pekerja khususnya masyarakat Desa Sandik.

Selama sosialisasi, para narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan memberikan penjelasan mendalam tentang program-program yang mereka tawarkan, termasuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Mereka juga memberikan informasi mengenai cara pendaftaran, besarnya iuran yang harus dibayarkan, dan manfaat yang akan diterima oleh peserta.

Peserta sosialisasi sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Beberapa di antaranya ingin tahu bagaimana cara mengajukan klaim jika terjadi kecelakaan kerja, karena kebiasaan yang dialami masyarakat ketika mendaptar itu dipermudah sedangkan saat melakukan kelaim itu biasanya sulit dan berbelit-belit.

BPJS Ketanakerjaan juga memberikan tanggapan bahwa sebenarnya tidak ada yang sulit dan berbelit-belit, itu hanya terkait regulasi. Seandainya masyarakat memahami regulasi dengan jelas dan persaratan-persaratan yang dibutuhkan saat melakukan klaim itu sangat mudah.

Dalam Sosialisasi ini disampaikan juga akan pentingnya memiliki perlindungan ketenagakerjaan, terutama dalam situasi yang tidak terduga seperti kecelakaan atau kematian dengan begitu masyarakat juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hak-hak mereka sebagai pekerja dan bagaimana BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam melindungi masa depan mereka.

Kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik kepada para pekerja di Desa Sandik dan sekitarnya. Di akhir kegiatan beberapa peserta juga langsung mendaftar sebagai peserta BPJS Ketanakerjaan.