Untuk Menemukan Kasus TB Se-Dini Mungkin, Tim Desa Siaga TB Desa Sandik Terus Bergerak Masip Melakukan Investigasi Kontak Terhadap Pasien TBC

  • Sep 25, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Tim Desa Siaga TB Desa Sandik terus bergerak masip dalam menemukan kasus TBC se dini mungkin dengan berbagai macam pendekatan salah satunya yaitu dengan Investigasi Kontak.

Senin 25/09/2023 Tim Desa Siaga TB terus menelusuri rekam jejak penularan TBC  dengan melakukan Investigasi Kontak pada salah satu pasien terduga TBC di Dusun Tato Timur. 4 orang Tim turun secara langsung menemui masyarakat yang terdekat dengan rumah pasien, hanya berbekal beberapa pertanyaan yang menjadi indikator penularan TBC dan Pot Seputung untuk mengambil dahag bagi masyarakat yang terduga TBC, Tim terus bergerak aktif demi menuntaskan masalah TBC di Desa Sandik.

Investigasi Kontak ini bertujuan dan sangat berperan penting pada penemuan kasus TBC sedini mungkin, menemukan TBC laten pada balita dibawah 5 tahun, mencegah penularan pada kontak serumah dan kontak erat yang sehat serta memutus mata rantai penularan TBC.

Tim Desa Siaga TB tidak hanya berfokus pada poin interview untuk menemukan kasus TBC namun disini Tim Desa Siaga TB juga langsung memberikan edukasi kepada masyarakat secara door to door terkait penularan dan pencegahan TBC dan mengajak masyarakat agar tetap terbuka terhadap kondisi kesehatannya dan pentingnya memeriksakan diri ke puskesmas jika terdapat gejala TBC.

Dalam Investigasi Kontak Tim Desa Siaga juga memberikan sovenir kepada masyarakat yang mau memeriksakan dahagnya, sovenir yang diberikan berupa sabun, minyak goreng dan yang lainnya hal ini bertujuan sebagai persuasif sehingga dapat menemukan kasusTB sesegera mungkin.

Sehingga Tim Desa Siaga TB Desa Sandik mengajak kerja sama semua pihak dan mendukung secara penuh segala bentuk kegiatan Tim Desa Siaga TB karena ini semata-mata untuk kebaikan semua pihak.