Peyuluhan Kesehatan Keluarga Oleh TP-PKK Desa Sandik Dalam Rangka Memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga HKG PKK Ke-51 Tahun 2023

  • Aug 12, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tahun 2023 Tim Penggerak PKK Desa Sandik gelar Penyuluhan Kesehatan Kelurga di Aula Kantor Desa Sandik, Sabtu (12/08/2023).

Kegiatan ini menyasar 20 kader PKK dan 30 Kader Posyiandu yang masing-masing mewakili wilayahnya, turut hadir Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman sebagai Pembina TP- PKK Desa Sandik dan Rima Saulastri, S.Gz dari sub bagian Gizi Puskesmas Meninting, Yuli Nurnaning, S.Pd sebagai Pendamping Profesional Desa selaku narasumber pada kegiatan ini.

Peringatan HKG PKK Ke-51 ini bertujuan untuk merajut kebersamaan sebagai Tim Penggerak PKK dan Kader Posyiandu di Desa Sandik yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pembanguan desa. Selain itu melalui kegiatan ini Kader PKK dan Posyiandu juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan seputar kesehatan keluarga dan peran perempuan dalam pembangunan di desa.

Selain sebagai medium untuk silturranmi dan mempererat tali persaudaraan antar kader, kegiatan ini juga diisi dengan penyuluhan kesehatan keluarga yakni diisi oleh Rima Sulastri, S.Gz selaku narasumber dari sub bagian gizi di Puskesmas Meninting. Narasumber yang kedua yaitu dari Pendamping Profesional Desa Yuli Nurnaing, S.Pd yang akan menyampaikan keterlibatan perempuan dan posisi perempuan yang ada di SDgS.

Hj. Siti Mufrihatun Sebagai Ketua TP- PKK Desa Sandik lewat kesempatan ini ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh Tim PKK Desa Sandik dan para Kader Posyiandu yang tetap kuat dalam menjalani rutinitasnya sebagai kader dalam melakukan pendampiangan keluarga untuk masyarakat Desa Sandik dan selalu bersabar meskipun imbalan yang diberikan tidak terlalu besar serta mengajak seluruh kader untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan untuk memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023 baik kegiatan di desa maupaun di Kecamatan.

Selaku narasumber pada momentum peringatan HKG PKK Ke-51 2023 Rima Sulastri, S.Gz menyampaikan banyak hal seputar kesehatan keluarga, stunting, TBC dan lain sebagainya, karena disinilah peran kader harus terus di upgrade terlebih disaat melakukan pendampingan terhadap balita dan ibu hamil karena stunting atau gizi buruk selalu menjadi masalah utama yang menghantui keduanya.

Sebagai Pendamping Profesional Desa Yuli nurnaning, S.Pd dalam kesempatan ini lebih menekankan bagaimana peran penting perempuan dalam SDgS dan posisi perempuan dalam pembangunan berkelanjutan yang dimana perempuan dapat mendorong pemerintah untuk memperbaiki kebijakan dan peraktek-peraktek yang dapat merugikan perempuan. Dan terus memberikan dorongan kepada kader untuk terus berperan aktif dan responsif terhadap peroblem-peroblem keluarga dalam lingkungan Kader Posyiandu Desa Sandik, karena disinilah perempuan selalu menjadi tonggak utama, tandasnya.

Di sesi terakhir kegiatan Peringatan HKG PKK Ke-51 2023 dimeriahkn dengan kuis. Dalam hal ini kader diberikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan dan nama-nama dari pegawai/pejabat di wilayah kerjanya. Hal ini diberlakukan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman kader terhadap materi yang disampaikan dan dengan sengaja secara tak langsung memperkenalkan orang-orang atau pejabat yang terlibat dalam lingkungan kerja kader. Dan setiap kader yang berhasil menjawab mendapatkan door prize yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.