Momentum Milad ke 21 Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhar NW Kayangan yang Ada di Desa Sandik Gelar Pawae dan Pengajian Umum

  • Jul 31, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik – Ahad (20/07/2023) Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhar NW Kayangan  yang berdomisili di Desa Sandik kini memasuki usia yang ke 21 Tahun, bertepatan dengan perayaan tahun baru islam 1 Muharram 1445 H. Dalam hal ini YPS Al-Azhar menggelar kegiatan yang disebut dengan MAGNA Milad dan Inagurasi Tahunan yang diselenggarakan di YPS Al Azhar Dusun Kayangan Desa Sandik dengan beberapa rangkaian kegiatan selama sepekan.

Berkiprah di dunia pendidikan YPS Al-Azhar NW Kayangan terus berusaha memaksimalkan pelayanan, meningkatkan SDM melalui pendidikan dan terus berinovasi serta melakukan evaluasi terhadap sarana dan perasana dalam menopang keberlangsungan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) menjadi lebih baik agar dapat memberikan kenyamanan bagi santriwan/I (siswa/i).

Dengan kegiatan MAGNA ini YPS Al Azhar berharap agar dapat terus menjalin komunikasi dan silaturrahin dengan para alumni yang tersebar diseluruh Pulau Lombok selama 21 tahun sejak berdirinya YPS AL-Azhar. Dalam mewujudkan harapan seluruh keluarga besar YPS AL-Azhar dengan hal ini mengangkat tema Membangun Generasi yang Cerdas, Berani dan Gigih Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam perayaan Milad YPS Al-Azhar, sebelumnya pada hari Ahad  (20/07) Para Alumni menggelar MUKHTAMAR untuk memilih Ketua Alumni dan membentuk kepengurusan baru yang diselenggarakan di Aula YPS Al Azhar yang dalam hal ini turut hadir Ketua Yayasan dan pengurus lainnya serta puluhan alumni yang langsung tergabung dalam kepengurusan. Dan kepengurusan ini disebut sebagai IKAZA Ikatan Keluarga Alumni Al Azhar dengan diketuai oleh ketua terpilih yaitu saudara Hilman AR. Diharapkan agar IKAZA ini nantinya menjadi tali temali yang akan menyambung dan menyulam hubungan antara Yayasan dan Alumni serta menjadi wadah komunikasi yang efektif untuk para alumni.

Selanjutnya pada Rabu 24 Juli 2023 kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan pawae akbar keliling Desa Sandik sebagai bentuk syiar rasa sukur akan usia Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhar yang sudah menginjak usia yang ke 21 tahun. Pawae Akbar ini di ikuti oleh seluruh pengurus YPS Al-Azhar, guru-guru dari PAUD sampai dengan SMAI beserta dengan siswa-siswi dan seluruh alumni dan masyarakat di sekitar YPS Al-Azhar. Diharapkan dengan Pawae Akbar ini dapat menambah sinergisitas serta keharmonisan antara warga dengan YPS Al-Azhar. Dengan berbekal sound sistem dan alat peraga lainnya serta tim Hadroh seraya mengucapkan takbir dan sholawat menambah kemeriahan pawae tersebut.

Acara puncak dari MAGNA Milad dan Inagurasi Tahunan YPS Al-Azhar di selenggarakan dengan sangat meriah dengan dihadiri oleh ratusan orang yang memadati halaman Yayasan Pondok Pesantren Al-azhar pada hari Rabu 26 Juli dengan menghadirkan Tokoh Agama dan masyarakat serta pejabat daerah setempat dari Pemerintahan Desa Sandik dan Kec. Batu Layar serta semua wali murid. Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan dan pemotongan tumpeng dari Ketua Yayasan TGH. Muhammad Zulyadain, QH,. Lc. serta serah terima santeriwan/i baru dengan ciri khasnya yang sudah menjadi teradisi sejak dibangunnya Ponpes tersebut yakni dengan mengadakan akad antara perwakilan wali santri dengan ketua Yayasan. 

Dalam sambutannya Ketua Yayasan TGH. Muhammad Zulyadaen, QH,. Lc. menyampaikan terimakasih kepada Wali santeriwan/i yang telah mempercayakan anak-anaknya menuntut imu serta dibina dalam asuhan Pondok Pesantren Al- Azhar NW Kayangan dan kepada seluruh alumni yang terlibat dalam Agenda MAGNA ini dari awal hingga saat ini. Dan beliau juga menyampaikan bahwa di era ini kita tidak membutuhkan pendidikan yang hanya berkutat pada peningkatan kognitif namun lemah dalam ahlakul karimah sehingga menciptakan generasi yang tidak peduli pada lingkungan sosial dan tidak taat pada orang tua, namun YPS AL-Azhar akan terus membina santriwan/i dengan mengedepankan keseimbangan dalam semua aspek baik dalam kognitif, rohani, sosial dan aspek lainnya sehingga menciptakan generasi cerdas yang beretika dan berbudi luhur dengan mengedepankan konsep islami. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dan diisi dengan pengajian oleh para Tuan Guru yang hadir dan diakhiri dengan acara ngurisan.