Dukung Penanganan Stunting Daerah, Melalui Momentum HUT Ke-8 Aruna Senggigi Lakukan Pemeriksaan Setatus Gizi Balita di Desa Sandik

  • Aug 09, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Sosial & Kesehatan

Sandik- Manfaatkan Momentum HUT Ke-8, Aruna Senggigi Resort and Convention menggelar Kegiatan Pemeriksaan Status Gizi Balita di Desa Sandik sebagai bentuk perogram Corporate Social Responsibility (CSR) pada Jumat, 9 Agustus 2024. 

Kegiatan pemeriksaan status gizi ini sebagai bentuk usaha Aruna senggigi untuk menurunkan angka stunting daerah (Lombok Barat), khususnya wilayah Desa Sandik. Pemeriksaan status gizi balita dirangkai dengan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan atas yang merupakan indikator penentuan stunting pada anak.

Dikegiatan tersebut hadir Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman General Maneger Aruna Senggigi Aditya Maulana beserta staf lainnya 120 anak yang di dampingi oleh orang tuanya yang sudah tertera pada data sasaran.

Aditya Maulana General Manager Aruna Senggigi Resort and Convention meneraangkan, bahwa Aruna Senggigi berkolaborasi dengan puskesmas meninting dan Pemerintah Desa Sandik sebagai bagian dari upaya menurunkan angka stunting khususnya di Desa Sandik yang sebelumnya mencapai 14,8% pada tahun 2024.

Tujuan utama kegiatan tersebut sebagai bentuk dampak positif kehadiran Aruna Senggigi terhadap daerah sekitar hotel yakni membantu masyarakat khusunya dalam pencegahan dan penanganan stunting, dengan kegiatan ini kami berharap angka stunting di Desa Sandik bisa menurun dan anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tambahnya.

Selain pemeriksaan status gizi, Aruna Senggigi juga memberikan bingkisan berupa paket PMT untuk anak, berupa buah, telur, susu, biskuit dan makanan bergizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan kelengkapan gizi dan nutrisi untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak.

H. Abdul Rahman Kepala Desa Sandik juga mengucapakan terimakasih kepada pihak Aruna Senggigi yang telah menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan setatus gizi balita di Desa Sandik dan kedepannya kegiatan-kegiatan yang berdampak terhadap masyarakat Intens untuk dilakukan, semoga Aruna Senggigi di usia yang ke 8 ini terus bertumbuh dan berkembang seiiring dengan peraktik baik yang dilkukannya, ujar Kepala Desa Sandik yang kerap di sapa Aji Mang tersebut.

Dan pihak Puskesmas Meninting, Fatimah, juga menjelaksan, stunting memiliki banyak pemicu diantaranya permasalahan ekonomi, pernikahan dini, lingkungan yang kurang bersih, dan masalah lainnya. Ini yang menjadi perhatian masyarakat tentunya. Dan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan serta pengukuran lengan atas wajib dilakukan karena merupakan indikator penentuan setatus stunting anak.

Camat Batulayar M. Subayin juga menambahkan persoalan stunting memang harus diselesaikan bersama-sama karena setiap persoalan baik lingkungan maupun kesehatan merupakan tanggung jawab kita bersama dan kami selaku Pemerintah Kecamatan sangat merasa terbantu oleh kegiatan Aruna Senggigi dalam menyeselesaikan persoalan stunting daerah dan semoga Aruna Senggigi juga memperluas jangkauan kegiatannya ke desa-desa lainnya