Dengan Menyasar Masyarakat Kategori RTM: Pemdes Sandik Laksanakan Program Padat Karya Tunai Desa

  • Jul 27, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

SANDIK- Padat Karya Tunai Desa merupakan perogram pemberdayaan masyarakat desa oleh Pemerintah Desa dan pemberdayaan ini dikhususkan kepada masyarakat miskin yang produktif dengan asas pemanfaatan sumber daya dan tenaga kerja untuk penambahan pendapatan serta mengurangi kemiskinan dan sebagai bentuk dukungan dalam menurunkan angka stunting. Baca juga Desaku Berpadat Karya

Kamis, (27/07/2023) Dalam mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Desa Sandik melaksanakan Perogram Padat Karya Tunai Desa dengan melakukan normalisasi drainase dibeberpa titik, yang dimana dalam perogram ini melibatkan masyarakat Desa Sandik secara langsung dengan menyasar masyarakat dalam kategori Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan harapan dapat menambah pendapatan dan perekonomian masyarakat.

Meskipun parit penuh sampah dan kubangan lumpur, antusias warga tidak pernah surut. Masyarakat secara langsung turun tangan menggali dan membersihkan sampah yang menumpuk pada parit dengan alat seadanya. Banyak juga tanaman liar serta bau busuk dari drainase yang membuat peroses normalisasi drainase sedikit lebih lama, namus masyarakat tetap semangat dalam melakukan hal tersebut. masyarakat juga berharap agar program semacam ini terus diadakan karena dapat membantu pendapatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk Perogram Padat Karya Tunai Desa kali ini Pemerintah Desa Sandik bersama warga melakukan nomalisasi drainase di 5 titik. Dan pembersihan parit dimulai dari saluran irigasi gang Samapne menuju Dusun Sandik Indah dan saluran irigasi yang ada di Dusun Sandik Bawak menuju ke arah Dusun Tato Timur.

Dalam hal ini Pemerintah Desa Sandik turun secara langsung memantau dan membantu warga agar proses normalisasi drainase cepat terselesaikan yang dimana turut hadir Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman, Sekdes Desa Sandik Muhammad Muaidi dan Ketua BPD Desa Sandik Padil, SH,. MH. Serta Babinsa, Babinkamtibmas Desa Sandik untuk menjaga keamanan serta ketertiban selama peroses kegiatan tersebut.