BPD DESA SANDIK GELAR MUSYAWARAH PENETAPAN RKPDES TAHUN 2024

  • Nov 01, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sandik menggelar Musyawarah Desa (MUSDES) dalam rangka penetapan RKPDes tahun 2024 yang bertempat di Aula Kantor Desa Sandik, Rabu 01/11/2023

Kegiatan ini dihadiri oleh semua unsur kemasyarakatan yang berjumlah lebih dari 50 orang termasuk diantaranya Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman dan perangkat desa lainnya, Sekcam Batulayar Muhammad Sajidin, S.Sos, Kapus Meninting H. Rusman, S.Gz, PL KB, Pendamping Desa Hipzil dan turut hadir juga dari unsur PKK, kelompok kepemudaan yang ada di Desa Sandik diantaranya Ketua Kampung Baca, Ketua Bank Sampah Akar Wangi, Ketua Karang Taruna, Ketua FKPQ Desa Sandik beserta tokoh agama lainnya, semua Kepala Dusun dan 7 orang BPD.

Musdes ini juga bertujuan untuk menentukan arah penggunaan Aanggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dan anggaran lainnya melalui usulan-usulan yang akan dimuat dalam bentuk RKPDes sebagai gambaran rencana yang akan menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa Sandik di tahun 2024 dalam berbagai sektor, baik itu pemberdayaan, pembangunan, pembinaan dan penyelenggaraan Pildes beserta BPD tahun depan beserta kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Desa Sandik, H. Abdul Rahman, disini ia menyampaikan terimakasih kepada semua hadirin yang Alhamdulillah sudah memenuhi dan mewakili semua elemen masyarakat untuk itu kami menghimbau kepada semua hadirin agar tetap memperhatikan dan bisa memberikan usulan-usulannya dalam bentuk program ataupun yang lainnya yang akan kita sama-sama ekskusi di tahun 2024 dan tentunya tetap berpedoman pada RPJMDes sebelumnya dan nomen clature yang ada tandasnya.

Dalam hal ini Sekcam Batulayar juga menambahkan bahwa semua usulan yang diajukan hari ini tidak semerta-merta akan tertuang dalam APBDes tahun 2024 karena terkait budgeting dari pusat meski demikian harus tetap memberikan usulan terbaiknya, untuk dijadikan pedoman di tahun-tahun yang akan datang tandasnya.

Selanjutnya kegiatan dibuka secara resmi dengan memberikan 3 pukulan menggunakan palu sidang oleh Ketua BPD Desa Sandik Padil, SH. MH. Beliau juga menghimbau agar semua peserta rapat RKPDes 2024 tetap menjaga kodusifitas agar musdes ini berjalan dengan baik sampai akhir.

Musdes berjalan sangat alot dengan berbagai usulan dari setiap perwakilan unsur masyarakat hingga memakan waktu 3 jam yang awalnya dimulai dari pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 12:30 dengan tetap mengacu pada perioritas penggunaan dana desa pada permendes PDTT No 7 tahun 2021 tentang perioritas penggunaan dana desa tahun 2022 dan tentunya pelaksanaan Musdes ini mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. (Downlod RPJMDes 2024)

Musdes berjalan dengan lancar dan tertib dan berakhir pada pukul 12:00 WITa yang ditutup dengan closing statement oleh Kepala Desa Sandik, semoga dengan terlaksananya Musdes RKPDes tahun 2024 ini menjadi goldaway untuk perbaikan pemdes sandik ditahun berikutnya dan saat ini untuk diketahui bahwa Desa Sandik masuk dalam kategori Desa Mandiri dan semoga Desa Sandik terus berkembang kedepannya.