PEMDES SANDIK SALURKAN BLT DD TRIWULAN I 2024; Kepala Desa Sandik Tekankan BLT Dipergunakan Sebaik Mungkin Terlebih untuk Kebutuhan Ramadhan dan Persiapan Hari raya

  • Mar 25, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Senin, (25/03/2024) Pemerintah Desa Sandik menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) Triwulan I (Januari, Februari dan Maret) tahun Anggaran 2024 kepada 85 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kegiatan ini dilaksanakan di Aula kantor Desa Sandik dengan menghadirkan semua KPM dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Sandik beserta setaf lainnya, perwakilan dari DP3APM, Babinsa dan babinkamtibmas yang turut mengawal keamanan dan ketertiban saat kegiatan berlangsung dan 95% dari 85 KPM hadir secara langsung di lokasi terkait sisanya menggunakan perwakilan dari anggota keluarga dikarenakan yang bersangkutan dalam keadaan kurang sehat dan tidak bisa secara langsung ke kantor desa.

Penyaluran BLT DD ini juga merupakan tindak lanjut dari musyawarah khusus bersama Kepala Desa bersama staf lainnya beserta semua Kepala Kewilayahan dari masing-masing dusun untuk menentukan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diselenggarakan di awal Februari 2024.

Sehingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun anggaran 2024 ini diproritaskan kepada KPM dengan Kategori lansia, lansia rentan, Janda, disabilitas atau keluarga dengan anggota disabilitas. Jumlah KPM BLT pada masing-masing dusun ± 5 KPM dengan perbandingan yang sama untuk setiap dusun.

Kegiatan dimulai pada pukul 09:30 setelah menunggu semua KPM hadir di Aula Kantor Desa Sandik, kegiatan dipandu langsung oleh Muhammad Muaidi selaku Sekdes Desa Sandik dan lewat kesempatan ini pula Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman atau yang kerap dipanggil Aji Mang menyampaikan banyak hal kepada semua KPM.

Lewat sambutannya beliau menuturkan agar masyarakat dapat mensyukuri segala bentuk bantuan yang diberikan terlebih di Bulan Suci Ramadhan ini, dikarenakan kegiatan penyaluran BLT DD ini bersamaan dengan penyaluran beras, beliau juga menegaskan bahwa sanya bantuan dari pemerintah memang beragam sehingga sebagian yang memperoleh beras dan sebagian yang memperoleh BLT yang dalam bentuk uang, terkait besar kecilnya nominal dari masing-masing bantuan harus tetep di terima dan disukuri karena setiap bantuan memiliki regulasi dan sistem budgeding masing-masing

Kepala Desa Sandik mengakhiri sambutannya dengan menyampaikan agar para Penerima Manfaat dapat menggunakan BLT ini dengan sebaik mungkin baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan di Bulan Suci Ramadhan ini ataupun untuk persiapan kebutuhan Hari Raya.

Nominal dari BLT yang diterima oleh masing-masing KPM ialah Rp. 900.000 karena pada Triwulan/tahap I ini yang disalurkan adalah BLT bulan Januari, Februari dan Maret dengan masing-masing KPM menerima Rp. 300.000 perbulan dan merupakan angka yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya tanpa ada perubahn dan yang berubah hanya jumlah dan anggota KPM, terkait anggota KPM yang menerima BLT tahun anggaran 2024 ini berbeda 100% dari tahun kemarin, dengan menggunakan sistem roling pemerintah Desa Sandik berharap semua masyarakat yang layak untuk memperoleh bantuan dapat menikmatinya terlebih masyarakat Desa Sandik lebih dari 17.000 jiwa sehingga bantuan kecil ini tidak mampu mengcover semua masyarakat