Pemberian Bantuan 147 Paket PMT Dari Dana Desa (DD) Sebagai Perogram Pencegahan Dan Percepatan Penanggulangan Stunting Di Desa Sandik

  • Aug 07, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Sosial & Kesehatan

Sandik- Stunting merupakan isu penting yang dihadapi Indonesia. Hal ini menjadikan pemerintah perlu benar-benar memikirkan langkah yang tepat dalam pencegahan dan penanganan Stunting.

Dalam penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, Pemerintah Desa Sandik terus berupaya menemukan solusi penurunan stunting dengan terus melakukan koordinasi dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif dengan puskesmas meninting untuk hasil yang lebih baik.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan Stunting, Pemerintah Desa Sandik memberikan bantuan kepada balita yang terindikasi stunting dari hasil monev puskesmas meninting perbulannya. Bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 yang di selenggarakan di Aula Kantor Desa Sandik pada Rabu, (07/08/2024)

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) gratis kepada balita yang terindikasi stunting merupakan perogram unggulan Desa Sandik dalam percepatan penanganan Stunting, dengan pemberian PMT tersebut dapat menentukan kualitas tumbuh kembang anak kedepannya, karena PMT tersebut berguna untuk melengkapi kebutuhan gizi anak agar mencapai berat badan yang sesuai usianya.

Muaidi Sekdes Desa Sandik dalam sambutannya menyampaikan bahwa perogram Pemberian Makanan Gratis (PMT) tersebut bersumber dari DD yang dikhususkan kepada balita dengan kategori stunting yang merupakan hasil penimbangan setiap bulan dari puskesmas meninting yang tidak sesuai dengan usia dan berat badannya.

Ia juga berpesan kepada orang tua balita yang hadir untuk memanfaatkan paket bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya karena perogram ini dimaksudkan agar Indonesia terbebas dari stunting dan generasi selanjutnya mampu bersaing di kancah nasional karena kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi anak saat balita dan paket makanan tersebut sudah di diskusikan dengan pihak puskesmas untuk membantu percepatan berat badan anak. Paket tambahan juga akan diberikan pada hari Jumat yg akan datang dengan data penerima yang sama dengan hari ini, tambahnya.

Paket bantuan PMT tersebut berjumlah 147 paket dengan isi setiap paket berisi abon, telur, susu UHT dll. Disamping itu, setiap kader juga diharapkan untuk terus melakukan pemantauan terhadap anak dari usia 0 s/d 5 tahun dan memastikan mendapatkan asi ekslusif, imunisasi lengkap, vitamin, makanan tambahan setelah umur lebih 6 bulan serta memantau dan mendampingi tumbuh kembang anak secara optimal.

Kepala Desa Sandik juga terus menghimbau kepada para orang tua yang memiliki anak dari usia 0 s/d 5 tahun dan Ibu Hamil untuk tetap hadir di kegiatan posyiandu dan kegiatan terkait lainnya agar dapat mengontrol dan memastikan tumbuh kembang anak secara optimal.