Sebagai Upaya Rasionalitas Penggunaan Obat IKAFARMASI Universitas Mataram Gelar Penyuluhan DAGUSIBU Untuk Kader Posyiandu di Desa Sandik

  • Nov 18, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Mahasiswa Universitas Mataram yang tergabung kedalam IKAFARMASI UNRAM menggelar sosialisasi DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan Buang) terkait penggunaan obat dimasyarakat dngan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan obat dengan benar. Sosialisasi diselenggarakan di Aula Kantor Desa Sandik Pada Sabtu 18/11/2023.

M. Syach Maulad Ichfha selaku Ketua IKAFARMASI UNRAM menyampaikan bahwa PEROKER ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh teman-teman IKAFARMASI dari pengurus sebelumnya sampai sekarang. Perogram ini sangat penting untuk dilaksanakan guna menyampaiakan informasi terkait penggunaan obat dengan benar ditengah masyarakat sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi Tandasnya.

Dalam hal ini Sekdes Desa Sandik Muhammad Muaidi juga menyampaiakn dalam sambutannya, obat memang susuatu yang sangat krusial dan paling kita butuhkan ketika sakit namun dalam penggunaanya juga memiliki aturan yang harus dipahami, sehingga tepat dan perlu sekiranya asosialisasi DAGUSIBU ini di adakan dan kader Posyandu yang ikut dalam kegiatan ini menjadi Informan yang lebih dekat dengan masyarakat

Sosialisasi DAGUSIBU diharapakan tidak hanya berkutat di Kader Posyandu namun harus diteruskan ke masyarakat secara perlahan lewat kegiatan-kegiatan kader posyandu sehingga tidak ada masyarakat yang salah minum obat apalagi samapai keracunan obat, paparnya Muhammad Muaidi juga menyampaikan terimaksih kepada IKAFARMASI UNRAM yang telah menyelenggarakan kegiatan ini untuk masyarakat Desa Sandik

Sebelum kegiatan ini dilakukan IKAFARMASI UNRAM melakukan survei terlebih dahulu dan meminta saran dari berbagai pihak untuk menyelenggarakan agenda tersebut sehingga kegiatan ini berhasil digelar di Desa Sandik setelah mendapatkan izin dari Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman dengan menghadirkan 80nKader Posyandu sebagai peserta.

Dalam sosialisasi ini disampaiakn oleh Nadya Arianita Turissia, S.Fam selaku Apoteker di salah satu perusahaan swasta ia menyampaikan banyak hal terkait obat obatan, diantaranya masyarakat harus tahu apa nama obat, apa kandungannya dan digunkan untuk apa serta bagaimana penggunaannya, Sehingga efektifitas pengobatan dapat meningkat dan penyalahgunaan obat dapat diminimalisir. Selain penggunaan obat cara menyimpan dan membuang obat dengan benar juga harus dipahami oleh masyarakat.

Tidak hanya berfokus pada sosialisasi DAGUSIBU IKAFARMASI UNRAM juga menggelar cek kesehatan geratis kepada semua peserta dan bagi-bagi Vitamin. peserta sosialisasi dapat melakukan cek up kesehatan dengan mendapatar terlebih dahulu dengan mengukur tinggi badan dan berat badan selanjutnya peserta diarahakan untuk melakukan cek Tensi, gula darah, kolestrol dan asam urat dan terakhir konsultasi dan pemberian saran oleh Apoteker Nadya Arianita Turrisia, S.Farm dan diberikan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan.