Sebagai Bentuk Peraktik Baik Pemerintah Desa Sandik dalam Memuliakan Al-Quran, Pemdes Sandik Gelar MTQ Ke-3 Kepala Desa Sandik; Ini akan kita Jadikan Teradisi Setiap Tahunnya

  • Dec 26, 2023
  • Admin Desa Sandik

Sandik, 22 Desember 2023 - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-III Tingkat Desa Sandik resmi dibuka oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh 30 TPQ yang ada di Desa Sandik, dengan total peserta mencapai 100 orang. MTQ ini di gelar oleh Pemerintah Desa Sandik dengan menunjuk Forum Komunikasi Pendidikan Alquran Desa Sandik sebagai penyelenggara kegiatan dan MTQ ini di laksanakan di Halaman SDN 1 Sandik pada tanggal 22-24 Desember.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran yang ke-3 ini diawali dengan Pawae Ta’aruf MTQ III yang dilepas langsung oleh Kepala Desa Sandik pada hari Jumat, 22 Desember pukul 16:00 yang dimulai dari Dusun Medas dan berjalan memenuhi jalan Pariwisata Desa Sandik hingga sampai di Halam SDN 1 Sandik dengan masing2 kontingen (TPQ) membawa alat peraga berupa sepanduk dll. Pawae ini di Dominasi oleh para Santri dan guru-guru TPQ Se Desa Sandik

22/12/2023 Pembukaan MTQ Ke-III Tingkat Desa Sandik tepatnya pada malam Sabtu yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta seluruh pimpinan TPQ dan santriwan/I yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran Desa Sandik. Hadir juga masyarakat dari berbagai elemen yang menunjukkan dukungan penuh dalam menjalankan kegiatan keagamaan yang penting bagi masyarakat guna bersama dalam menjaga kemuliaan Al-Quran.

H. Abdul Rahman Kepala desa Sandik, dalam sambutannya menyampaikan Musabaqah Tilawatil Quran Desa Sandik ini akan menjadi sebuah teradisi positif sebagai perektik baik pemerintah Desa Sandik untuk bersama masyarakat menjaga dan memuliakan Al-Quran sebagai pedoman hidup kita bersama dan kami akan terus berkomitmen dalam merawat tradisi ini dan terus memperjuangkan guru-guru ngaji di TPQ.

Kepala Desa Sandik juga mengajak masyarakat agar Al-Qur'an diterjemahkan kedalam kehidupan sehari-hari, mari kita membumikan Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman dalam bertindak dan berperilaku, ungkapnya.

MTQ Ke-III Tingkat Desa Sandik ini merupakan ajang yang penting dalam memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta meningkatkan pemahaman terhadap Al-Qur'an. Selain kompetisi tilawah dan hafalan Al-Qur'an, kegiatan ini juga melibatkan berbagai cabang lomba di bidang keagamaan seperti, Pahmil Quran, Syahri Quran, Tartil Iqra dan Al-quran sehingga pesertanya dari tingkat PAUD SD dan SMP.