Pemerintah Desa Sandik Terus Berkomitmen Dalam Memperkuat Mutu Pendidikan Dengan Kembali Memberikan Insentif Kepada Guru PAUD dan TPQ Ditahun Anggaran 2024 Secara Berkelanjutan

  • Mar 28, 2024
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Pemerintah Desa sandik terus berkomitmen untuk membangun SDM yang lebih baik dan terus berkonstribusi dalam memperkokoh sendi-sendi sosial dan ekonomi masyarakat Desa Sandik dengan berbagai program yang berkelanjutan, termasuk diantaranya pemberian Insentif kepada puluhuan guru PAUD dan ratusan guru TPQ se Desa Sandik yang merupakan fondasi dalam pembangunan SDM dari sejak dini

Rabu (27/03/2024) Bertempat di Aula Kantor Desa Sandik, 75 guru PAUD dan 182 guru ngaji dari 35 TPQ se Desa Sandik hadir dalam menerima Insentif yang merupakan sebuah program dari beberapa tahun sebelumnya sejak H. Abdul Rahman menjabat sebagai Kepala Desa Sandik

Pemberian Insentif kepada guru PAUD dan TPQ ini di anggarkan melalui Dana Desa (DD) yang diberikan secara bertahap 2 kali setahun atau tiap lima bulan sekali, pemberian insentif ini juga sebagai apresiasi pemerintah Desa Sandik kepada guru-guru yang selalu berada di garda terdepan dalam pembangunan SDM khususnya dalam bidang pendidikan di Desa Sandik.

Jumlah anggaran yang dialokasikan dalam perogram ini sebesar Rp. 192.750.000 yang diberikan secara bertahap yakni dua kali dalam setahun. Dimana guru-guru PAUD dan TPQ terhitung mendapatkan Insentif selama 10 bulun dalam setahun dan untuk anggaran tahun 2024 untuk tahap pertama ini Pemerintah Desa Sandik memberikan Insentif lebih awal dari jadwal yang semestinya, sehingga untuk Insentif tahap pertama dicirkan sebesar Rp. 77.100.000 yang terhitung Insentif selama 4 bulan guna mengejar momen lebaran sehingga guru-guru dapat memanfaatkan uang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Jumlah Insentif yang diterima di tahun anggaran 2024 ini mengalami perubahan, dimana yang sebelumnya guru TPQ menerima Insentif sebesar Rp. 50.000 per bulan namun di tahun ini meningkat menjadi Rp. 75.000 yakni nominalnya disamakan dengan Insentif guru-guru PAUD karena ini juga merupakan komitmen Kepala Desa Sandik yang sebelumnya dijanjikan untuk kenaikan Insentif untuk guru TPQ di akhir tahun anggaran 2023. Rincian anggaran yang dialokasikan untuk 75 guru PAUD yakni sebesar Rp. 22.500.000 untuk saat ini dan untuk guru-guru TPQ sebesar Rp. 54.600.000 dan sisanya akan di cairkan di tahap ke dua/ diakhir tahun.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman dan staf lainnya, diantaranya Budiarti, Amd, SE selaku Bendahara Desa dan Sekretaris Desa Sandik Muhammad Muaidi yang memandu berjalannya kegiatan, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sandik, BPD serta guru-guru PAUD dan TPQ se Desa Sandik

Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Sandik akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Desa Sandik khususnya kepada guru-guru ngaji dan PAUD yang menjadi tonggak awal bagi perubahan dan kemajuan pendidikan di Desa Sandik, karena pendidikan adalah investasi terbaik tanpa kata rugi, imbuhnya.

Dan kami berharap untuk semua guru-guru yang hadir hari ini untuk menerima dengan ikhlas apa yang diberikan karena kami juga memahami bahwa nominal ini tidak sebanding dengan perjuangan guru-guru yang membangun generasi pelanjut menjadi generasi yang lebih cerdas dan menjadi generasi qurani guna perbaikan kualitas SDM kedepannya dan ini merupakan konstribusi besar bagi negara, beliau juga menyampaikan terimaksih kepada semua yang hadir atas kepercayaan yang diberikan selama ini dan hal itu terus kami pikul tandasnya.

Lewat kesempatan ini juga Mohammad Nasri selaku pembina Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) Desa Sandik menyampaikan untuk guru-guru yang TPQnya sudah terdapatar dalam emis pontren untuk terus meng Update akun emisnya guna melakukan pengajuan bantuan baik dalam bentuk insentif maupun bantuan pemabangunan gedung TPQ yang diajukan langsung ke kemenag lewat aplikasi emis pontren.