Monitoring dan Evaluasi Posyandu Keluarga oleh Ketua TP PKK Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid di Desa Sandik

  • Feb 24, 2023
  • Admin Desa Sandik
  • Khusus

Posyandu memiliki peran besar ditengah masyarakat, meskipun posyandu sering kali dikaitkan dengan balita atau Ibu hamil namun nyatanya tidak demikian. Kegiatan Posyandu dan manfaatnya tidak hanya sebatas itu, banyak juga perogram posyandu yang diperuntukan bagi pasangan usia subur dan remaja atau yang biasa disebut dengan posyandu remaja.

Pos Pelayanan Terpadu atau yang biasa disebut Posyandu merupakan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan khususnya bagi Ibu dan anak (Balita). Selain itu Posyandu juga bertujuan untuk mencegah peningkatan angka kematian bagi Ibu dan bayinya saat kehamilan, persalinan maupun pasca persalinan. Posyandu umumnya dilakukan 1 bulan sekali pada lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Jumlah Pos Pelayanan Terpadu di Desa Sandik tercatat 20 Posyandu dengan 80 kader aktiv yang melakukan kegiatan rutin bulanan  dan bekerjasama dengan tim kesehatan dari  Puskesmas Meninting, beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan salah satunya Penimbangan balita, dimana penimbangan balita ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan balita dan mendeteksi penyimpangan pertumbuhan balita sedini mungkin untuk mencegah terjadinya stunting.

Jumat, 24/02/2023 Desa Sandik menggelar Posyandu di beberapa Posyandu yang tersebar di masing-masing Dusun yang ada di Desa Sandik yang bekerja sama dengan Tim Kesehatan Puskesmas Meninting Posyandu kali ini tidak hanya menyasar Ibu hamil dan balita akan tetapi juga memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan bagi anak, remaja dan orang tua

Berbeda halnya dengan Posyandu Karya Remaja Husada yang ada di Dusun Puncang sari Barat langsung dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK kab. Lombok barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid ikut terlibat aktiv serta melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) yang disertai dengan pemberian Vit. A pada Balita. Ibu Hj. Khaeratun juga memberikan edukasi kepada kader dan masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dan betapa pentingnya Posyandu Keluarga untuk memantau perkembangan balita yang mengalami kurang gizi sehingga mencegah terjadinya stunting

Kegiatan MONEV ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Sandik H. Abdul Rahman, Ketua PKK Desa Sandik Siti  Mufrihatun, DWP Lombok Barat, Sekcam Kec. Batu Layar, Petugas Puskesmas Meninting, Babinsa dan BabinMaspol Desa Sandik.

Ibu ketua TP PKK Hj. Khaeratun juga memberikan apresiasi kepada Kader dan masyarakat dalam bentuk Door Prize untuk menjaga sepirit Kader Posyandu dan masyarakat agar tidak sungkan datang ke Posyandu melakukan imunisasi atau memeriksakan kesehatan.