Dalam Rangka Memperkuat Kesehatan Masyarakat Dikes NTB Salurkan Bantuan Nutrisi Untuk Masyarakat Desa Sandik Melalui Pergram Jumat Salam

  • Nov 25, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik- Sebagai bentuk upaya dalam pengutan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui program Jumat salam dan Jumat Belondongnya memeberikan sentuhan kesehatan ke masyarakat Desa Sandik dengan memberikan bantuan 50 trai telur melaui Pemerintah Desa Sandik yang diserahkan langsung pada Jumat, 24/11/2023 bertempat di Kantor Desa Sandik.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Keshatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM , MARS beseta Staf lainnya dan beberapa OPD yang turut membersamai beliau. Kunjungannya ke Kantor Desa Sandik merupakan rangkaian kegiatan dari perogram Jumat Salam dan Jumat Belondong yang dimana sebelumnya bersama seluruh OPD menggelar senam bersama dan penanaman pohon Tabebuya bersama Mentri Desa PDTT RI setelah itu baru berangkat ke Kantor Desa Sandik.

Pada kesempatan ini bantuan tersebut diterima langsung oleh Sekdes Desa Sandik Muhammad Muaidi dan disini ia menyampaikan banyak hal terkait keterlibatan dan peraktik baik yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sandik dalam memperkuat Kesehatan Masyarakat yang dimana sudah adanya beberapa lembaga yang menjadi sayap pergerakan Pemdes Sandik dalam mempasilitasi masyarakat baik dalam kesehatan maupun yang lainnya seperti sudah terbentuknya Desa Siaga TB di Desa Sandik selama kurun waktu 3 tahun ini yang telah sangat membantu dalam penemuan kasus TBC dan pencegahan penularan TBC.

Selain itu Muhammad Muiadi juga memberikan pemaparan terkait adanya LPAD di Desa Sandik yang bergerak dalam pencegahan pernikahan dini karena dari sinilah akar masalah kesehatan seperti stunting dan kurang gizi pada balita. Selain bidang kesehatan Pemerintah Desa Sandik juga sangat memperhatikan bidang pendidikan dengan membangun perpustakaan Desa dan memperkuat jaringan literasi melalui lembaga Kampung Baca yang berlokasi di Taman Kota Sandik

Kepala Dinas Keshatan memberikan Apresiasi kepada Pemdes Sandik dengan berbagai macam kegiatan dan perogram yang telah dilakukan dalam memperkuat kesehatan masyarakat seperti telah membentuk Tim Kader Desa Siaga TB, Ia juga menegaskan bahwa perogram Jumat Salam ini menjadi fokus utama dalam upaya memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat baik di kota maupun di desa “Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat, tandasnya.