Sebagai Potret Data Terbaru: Kepala Desa sandik Fasilitasi Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek 2023

  • May 08, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik – Kamis (5/5/2023) Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Barat menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) pendataan Registrasi Sosial Ekonomi  (Regsosek) 2023 tingkat desa bertempat di aula kantor Desa Sandik sebagai upaya transformasi dan perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang terintegrasi dan lebih akurat.

Turut hadir, Kepala Desa Sandik H. Abdul rahman yang bertindak sebagai Fasilitator, Sekdes Desa Sandik Muhammad Muaidi sebagai Asisten Fasilitator, tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Dusun, Ketua RT (SLS) dan Babinsa, Bhabinkamtibmas yang mengawal berlangsungnya acara.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) ini merupakan tahapan akhir dari hasil pendataan Regsosek 2022 ditingkat Kelurahan/Desa. Pelaksanaan FKP ini merupakan salah satu bentuk pelibatan unsur-unsur kewilayahan yang ada ditingkat desa untuk secara bersama-sama memeriksa dan memverfikasi daftar keluarga hasil pendataan Regsosek 2022 tersebut dan kegiatan ini berlangsung selama 6 hari yaitu dari tangga 4-10 Mei 2023 di aula kantor desa sandik.

Dalam hal ini Kepala Dusun dan Ketua RT atau SLS memverefikasi kembali kebenaran dari kesejahtraan keluarga berdasarkan pendataan awal dengan kategori (tidak miskin, miskin, sangat miskin dan rentan miskin) dan jika terdapat perubahan maka rekomendasi perubahan kelompok kesejahtraan akan didiskusikan dalam forum sehingga diperoleh data Regsosek hasil FKP sesuai kesepakatan bersama.

Dalam hal ini pula pihak BPS menyampaikan bahwa pelibatan masyarakat desa dalam diskusi atau FKP ini agar masyarakat ditingkat desa memiliki ruang partisipasi dan kontrol terhadap data perlindungan sosial pemerintah karena data ini selanjutnya akan digunakan oleh beberpa lembaga pemerintah termasuk diantaranya Kemensos, Dikes, Perkim, Dinsos, Dukcapil dan lain sebagainya.

H. Abdul Rahman Selaku Kepala Desa Sandik juga menegaskan bahwa karena pentingnya data ini untuk masyarakta khususnya masyarakat Desa Sandik untuk itu agar Kepala dusun dan Ketua RT lebih jeli dan serius dalam melakukan verefikasi karena kita melihat bahwa data Regsosek ini akan menjadi potret data terbaru yang akan digunakan ditahun-tahun berikutnya.