Berakhirnya Masa Tanggapan DPS: PPS Desa Sandik Menggelar Rapat Terbuka Peleno DPSHP Pemilu 2024 di Kantor Desa Sandik

  • May 09, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Umum

Sandik – Menindak lanjuti Pengumuman DPS Pemilu 2024 Desa Sandik yang telah dimuat di Aula Kantor Desa Sandik yang bertujuan agar mendapatkan tanggapan dari masyarakat apabila terdapat kesalahan pendataan seperti:

  1. Belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Semenetara
  2. Identitas pemilih dalam DPS terdapat kesalahan atau ada perubahan elemen data
  3. Pemilih yang terdaftar tidak lagi memenuhi sarat sebagai pemilih karena: ( Meninggal, Pindah domisili, Terdaftar sebagai anggota TNI/Polri
  4. Terdaftar sebagai pemilih ganda

Dan jika terdapat pemilih yang memiliki kondisi tersebut, maka dapat menghubungi PPS Desa Sandik dengan membawa KTP Elektronik. Dan setelah berakhirnya masa tanggapan pada tanggal 2 Mei 2023.

Senin (8/5/2023) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sandik menggelar rapat peleno terbuka Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024 di aula Kantor Desa Sandik. Rapat Peleno dihadiri oleh Kepala Desa Sandik, Ketua PPK, PKD desa Sandik sebagai perwakilan Bawaslu, Anggota BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, semua anggota PPS,  perwakilan parpol dan masyarakat.

Rapat Peleno dipimpin langsung oleh ketua PPS Desa Sandik Muhammad As’ari dengan membacakan jumlah pemilih aktif, pemilih baru, pemilih tidak memenuhi sarat, perbaikan data pemilih dan pemilih potensial dengan dibacakan per TPS dan TPS di Desa Sandik berjumlah 51 TPS.

Setelah selesai membacakan DPSHP, PPS Desa Sandik memberikan kesempatan kepada peserta rapat (audiens) untuk memberikan tanggapan. Tanggapan disampaikan oleh PKD Desa Sandik M. Riadi Islam terkait salah satu pemilih yang memiliki kondisi seperti diatas.

Rapat peleno ditetapkan dengan jumlah TPS 51, Pemilih Aktif 10.341, Pemilih Baru 0, Pemilih Tidak Memenuhi Syarat 52, Perbaikan Data pemilih 2, pemilih Potensial Non KTP-el 369 dan rapat peleno diakhiri dengan pembacaan do’a, penandatanganan berita acara serta serah terima hasil rekapitulasi rapat peleno DPSHP pemilu 2024 oleh Ketua PPS Desa Sandik Muhammad As’ari dan PKD Dsa Sandik M. Riadi Islam.