Banyaknya Jumlah KPM di Desa Sandik Penyaluran Bantuan Pangan Berlangsung Selama 2 Hari

  • Jun 01, 2023
  • PPID Desa Sandik
  • Berita Desa

Sandik, Guna menjaga stabilitas pangan dan lonjakan inflasi. Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan kegiatan penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023. Kegiatan tersebut digelar pada Senin (10/04/2023) di Perum Bulog Distribusi Ngabeyan Prov. Jawa Tengah.

Selasa (30/05/2023) sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo Pemerintah Desa Sandik didampingi petugas Bulog, Pendamping PKH dan Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan Batulayar mendistribusikan 7.760 Kg beras kepada  776 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Desa Sandik, kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Kantor Desa Sandik dan Masing-masing PKM memperoleh 10 Kg Beras.

Tidak seperti bulan-bulan sebelumnya penyaluran berlangsung selama satu hari namun mengingat banyaknya masyarakat Desa Sandik yang memperoleh bantuan pangan tersebut membuat pelayanan di Kantor Desa Sandik sedikit kewalahan hingga pada akhirnya dijadwalkan dalam dua hari yaitu hari selasa dan rabu dan dengan cara ini penyaluran menjadi lebih efisien. Begitu pula dengan respon masyarakat, masyarakat juga mengatakan lebih baik seperti ini tidak membuat kita mengantri lebih lama karena masih banyak hal yang harus kami lakukan di rumah.

Persyaratan yang harus dibawa oleh masyarakat dalam pengambilan beras tersebut ialah dengan membawa photocopy KTP dan Kartu Keluaraga (KK) yang kemudian akan dicocokan dengan data yang ada, ketika dinyatakan sudah cocok masyarakat dipersilahkan langsung masuk kedalam untuk mengambil beras sebesar 10 Kg. sehingga dengan hal ini tidak terjadi kesalahan dalam penyaluran (salah sasaran)

Bantuan pangan ini juga di harapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan dapat mengontrol harga beras di pasaran. Kepala Desa Sandik juga menyampaikan bahwa kualitas beras yang diberikan sudah bagus dan itu langsung dari Bulog sehingga kualitas beras sama dengan yang ada di desa-desa lain dan kami rasa tidak ada masalah tandasnya. Ia juga menambahkan namun jika memang ada masyarakat yang mendapatkan beras dengan kualitas yang kurang layak langsung dikembalikan ke Kantor Desa untuk ditukarkan.

Jadwal Penyaluran Bantuan Pangan dan jumlah KPM di masing-masing Dusun/Wilayah Mei 2023 dapat di akses disini Jumlah KPM di Masing-masing Dusun